Pages

Rabu, 09 April 2014

Dampak Positif dan Negatif Pacaran bagi Remaja

Dampak positif maupun negatif dari pacaran bagi remaja,seperti:
1.       Prestasi SekolahBisa meningkat atau menurun. Di dalam hubungan pacaran pasti ada suatu permasalahan yangdapat membuat pasangan tersebut bertengkar. Dampak dari pertengkaran itu dapat mempengaruhi prestasi mereka di sekolah. Tetapi tidak menutup kemungkinan dapat mendorong mereka untuk lebih meningkatkan prestasi belajar mereka
2.        Pergaulan SosialPergaulan bisa tambah meluas atau menyempit. Pergaulan tambah meluas, jika pola interaksidalam peran hanya berkegiatan berdua, tetapi banyak melibatkan interaksi dengan orang lainnya(saudara, teman, keluarga, dan lain-lain).Pergaulan tambah menyempit, jika sang pacar membatasi pergaulan dengan yang lain (tidak  boleh bergaul dengan yang lain selain dengan aku).
3.        Mengisi Waktu LuangBisa tambah bervariatis atau justra malah terbatas. Umumnya, aktivitas pacaran tidak produktif (ngobrol, nonton, makan, dan sebagainya), namun dapat menjadi produktif, jika kegiatan pacarandiisi dengan hal-hal seperti olah raga bersama, berkebun, memelihara binatang, dan sebagainya.

4.        Keterkaitan Pacaran dengan SeksPacaran mendorong remaja untuk merasa aman dan nyaman. Salah satunya adalah dengankedekatan atau keintiman fisik. Mungkin awalnya memang sebagai tanda atau ungkapan kasihsayang, tapi pada umunya akan sulit membedakan rasa sayang dan nafsu. Karena itu perlu upayakuat untuk saling membatasi diri agar tidak melakukan kemesraan yang berlebihan.5. Penuh Masalah Sehingga Berakibat StresHubungan dengan pacar tentu saja tidak semulus diduga, jadi pasti banyak terjadi masalah dalamhubungan ini. Jika remaja belum siap punya tujuan dan komitman yang jelas dalam memulai pacaran, maka akan memudahkan ia stres dan frustasi jika tidak mampu mengatasi masalahnya.6. Kebebasan Pribadi BerkurangInteraksi yang terjadi dalam pacaran menyebabkan ruang dan waktu untuk pribadi menjadi lebihterbatas, karena lebih banyak menghabiskan waktu untuk berduaan dengan pacar.7. Perasaan Aman, Tenang, Nyaman, dan Terlindung
Hubungan emosional (saling mengasihi, menyayangi, dan menghormati) yang terbentuk ke dalam pacaran dapat menimbulkan perasaan aman, nyaman,dan terlindungi. Perasaan seperti ini dalam kadar tertentu dapat membuat seseorang menjadi bahagia, menikmati hidup, dan menjadi situasi yang kondusif baginya.

DAMPAK NEGATIF PACARAN BAGI PELAJAR 
 Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka.Sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang mereka perbuat. (Quran Surat An Nur ayat 30).Saudaraku, kuanggap kau sudah tahu tentang kharamnya berkhalwat (pacaran) denganlawan jenis. Tulisan ini akan menjelaskan dampak negatif dari perbuatan tersebut. Smoga kau berusaha untuk meninggalkannya. Seperti hal-hal lain yang diharamkan dalam Islam—misalnyakhomr, judi, dll—pacaran juga memiliki dampak negatif yang tidak kalah banyaknya. Berikutdampak negatif pacaran:
1. Mudah terjerumus ke perzinaanBeberapa pelaku pacaran seringkali menyangkal tentang hal ini. Kata mereka, asalkan bisamenjaga hati, InsyaAllah tidak terjadi hal itu (waaah, perbuatan munkar kok pake InsyaAllah..).cobalah simak hadits ini:“Tercatat atas anak Adam nasibnya dari perzinaan dan dia pasti mengalaminya. Kedua matazinanya melihat, kedua teling zinanya mendengar, lidah zinanya bicara, tangan zinanya memaksa(memegang dengan keras), kaki zinanya melangkah (berjalan) dan hati yang berhazrat dan berharap. Semua itu dibenarkan (direalisasi) oleh kelamin atau digagalkannya.” (HR Bukhari).Padahal engkau tahu, yang namanya orang pacaran, pasti ada hal-hal yang tidak dibenarkandalam islam: memandang lawan jenis, berpegangan tangan, berduaan di tempat sepi, berciuman,hingga….ah, tak usah disebutkan. Bahkan meski pacarannya hanya sebatas lewat telpon, SMSatau chatting pun, hal tersebut sudah bisa memicu terjadinya zina hati.Semua larangan-larangan tadi ada dalil shahihnya. Sebagai contoh, simaklah hadits ini:Rasulullah saw. berpesan “Janganlah engkau ikuti padangan dengan padangan berikutnya, karenauntukmu adalah padangan yang pertama, sedangkan selanjutnya bukan untukmu.” (HR. Ahmad)Dan hadits yang terkenal : ”Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, hendaklahtidak melakukan khalwat dengan seorang wanita yang tidak disertai oleh mahramnya karena sesungguhnya yang ketiga adalah setan.”Tentang dampak negatif yang pertama ini tak perlu disangkal lagi. Tak terhitung lagi jumlah pemuda muslim yang benar-benar terjerumus dalam perzinaan—yang diawali dari aktivitas pacaran. Kalau sudah berzina, berarti ia telah melakukan dosa besar yang akan menyebabkandampak-dampak buruk lainnya—baik yang ia rasakan di dunia maupun di akhirat.
2. Melemahkan ImanOrang yang pacaran cenderung meletakkan rasa cinta kepada kekasihnya di atas rasa cinta kepadaSang Pencipta. Tak perlu mengelak ataupun mengiyakan, sebab pernyataan ini bisa dibuktikandengan kualitas ibadah seseorang. Jika kualitas ibadah seseorang menurun setelah mengalami jatuh cinta, itu artinya porsi kecintaannya kepada Allah berkurang. Ia jadi jarang ke Masjid,
 
 jarang membaca Al Quran, meninggalkan shalat sunnah, bahkan beberapa hafalannya hilang,serta banyak ibadah lain yang terlewatkan.
3. ‘melatih’ kemunafikanOrang yang berpacaran itu seringkali menipu, berusaha agar pasangannya yakin bahwa ialahyang terbaik. Memang tidak semua.. tapi umumnya begitu. Ia akan menampakkan hal-hal yang baik di depan kekasihnya. Adapun hal-hal yang buruk sebagian besar ia sembunyikan. Sebagianorang ada yang sengaja menunjukkan beberapa keburukannya kepada kekasihnya sekedar untuk meraih simpati, mencari kesamaan, mendapatkan pemakluman, atau sebagai bumbu-bumburomantisme belaka. Namun tidak jarang orang yang berpacaran mengatakan sesuatu yangsebenarnya bertentangan dengan hati kecilnya.
4. Menjadikan panjang angan-angan.Orang yang sedang jatuh cinta—pacaran—seringkali teringat dengan orang yang dicintainya itu.Lalu ia memikirkan sesuatu, berandai-andai setiap waktu—tentang apa yang akan dilakukan nantisaat bertemu, tentang apa yang akan diberikan saat itu, tentang kata-kata yang akan diucapkansebagai bumbu, dan masih banyak lagi. Padahal ummat Islam dilarang berpanjang angan-angan
.5. Mengurangi produktivitasJika tidak pacaran, seorang siswa tentunya bisa melakukan aktivitas lain yang lebih produktif;misal membuat karya seni, menulis artikel, cerpen, puisi, karya tulis, mengerjakan PR, atau yanglainnya. Namun seringkali produktivitasnya turun lantaran ia berpacaran.
6. Menjadikan hidup borosorang yang pacaran akan selalu berkorban untuk pacarnya. Bahkan uang yang seharusnya untuk ditabung bisa habis untuk bersenang-senang: membelikan hadiah pacarnya, membeli pulsa,mentraktir, nonton Film, dan yang lainnya.
7. Akan melemahkan daya kretaifitas dan menyulitkan konsentrasi, karena pikiran mereka hanyatertuju kepada pacarnya.
8. Akan menyebabkan terlambatnya studi. Banyak fakta yang menyebutkan bahwa menurunnya prosentase kelulusan para pelajar adalah akibat pacaran, mereka jarang belajar, karena jalan-jalanterus dengan pacarnya, tidak pernah beli buku (karena uangnya habis untuk berenang-senang)
.9. Terjadinya pertengkaran dan pembunuhan, hanya karena rebutan pacar.
10. Tidak setia dengan pasangannya jika sudah menikah, karena masing-masing ingat dengan pacarnya yang lama, dan selalu membanding-bandingkan antara suami/ istrinya yang syahdengan pacarnya yang lama
.11. dan dampak negatif lainnya (silahkan ditambahkan lewat ‘coment’)“Barang siapa yang jatuh cinta, lalu tetap menjaga kesucian dirinnya, menyembunyikan rasacintanya dan bersabar hingga mati maka dia mati syahid.”Sungguh sangat beruntung orang yang mencintai dengan kesucian diri dan berlindung darigodaan syatan yang terkutuk. Tentunnya orang yang menjaga cintannya yang suci hingga iameninggal dunia. Rasullulah SAW juga berpesan;“Cintailah sesuatu itu dengan biasa-biasa saja, karena boleh jadi suatu saat nanti dia akan menjadisesuatu yang kamu benci, dan bencilah sesuatu yang tidak kamu ketahui dengan biasa-biasa saja,





 

0 komentar:

Posting Komentar